Home Sejarah Pengurus Syarat Anggota Berita Artikel Galeri Video Sertifikat Kontak Peta Chat

ARTIKEL S2W

 

Tes Kebisingan Knalpot Buat Harian Seberapa Berisik
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Knalpot racing 4-tak variasi jadi pilihan pertama modifikasi dimulai. Untuk dongkrak tampilan sekaligus tenaga, tapi berisik. Belakangan ada gosip pembatasan suara. Meski aturan belum jelas, tapi cukup bikin bingung konsumen.

Bukan mau lebih tahu atau mendahului Undang Undang soal pengaturan knalpot. MOTOR Plus pengin tahu seberapa berisik pipa buang racing variasi. Kali aja, bisa jadi sumbang saran buat bapak-bapak pembuat peraturan saat mematok angka DB (decibell).

Minimal ada gambaran rata-rata suara knalpot yang ada di pasaran. Harapannya, kebijakan nggak terkesan semena-mena buat pengguna dan produsen, gitcu. Yongki, Chuenk

RAGAM KNALPOT
Dipilih merek ngetop yang mewakili berbagai kelas. Di antaranya AHRS (Asep Hendro Racing Sport), HRP (Hendriansyah Racing Product), 3DI Racing Exhaust, Ahau Motor, SG Racing Muffler, AJM (Ahmad Jayadi Motorsport) dan TDR. Pertimbangnya, rentang harga Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu laris di pasaran.

Saat ini produsen knalpot kian tanggap soal isu pembatasan suara. "Biar nggak berisik banget, di ujung silencer knalpot TDR dipasang penyekat yang bisa dibongkar-bongkar," bilang Benny Rachmawan, Technical Development Mitra2000 dari Lodan Center, Ancol, Jakarta Utara.

Nggak mau kalah label AHRS juga menawarkan knalpot yang rada diem dengan pipa header panjang. Beda lagi dengan HRP yang memilih merancang ulang moncong silencer baru agar nggak kelewat bising. Hasilnya? Lihat aja tabel dibawah oke!

METODE PENGUKURANCara pertama, menggunakan alat uji suara analog bermerek Nihon Kagaku Kogyo. Diletakan pada jarak 1 meter dengan posisi lurus dari lubang buang knalpot. Test dilakukan di tempat terbuka pada malam hari. Mulai pukul 24.00 sampai 03.00 WIB (dini hari). Agar tidak ada distorsi dari suara lain.

Metode kedua dengan alat sound level meter bermerek Lutron spek digital. Kalau yang ini dilakukan di siang hari. Agak berbeda, pengujian disesuaikan petunjuk yang tertera. Dilakukan pada jarak 50 cm dengan posisi 45 derajat dari lubang knalpot.

Masing-masing knalpot diuji dua kali, yaitu saat langsam dan pada saat puncak rpm alias putaran gas mentok. Agar mesin tidak terlalu enteng, rasio dimasukin pada posisi gigi 1.

Maksud pengujian sampai gas mentok atau rpm tertinggi, agar diketahui DB tertinggi yang dikeluarkan dari masing-masing knalpot. Karena, pada praktiknya suara yang paling terdengar adalah saat digeber di putaran puncak. Makanya, jika ada yang melakukan dengan cara lain, misalnya dengan pembatasan pada rpm tertentu, maka hasil angkanya juga beda.

KESIMPULAN
Inovasi produsen knalpot kian positif. Macam trik TDR terbukti nurunin 5 decibell saat langsam dan digeber (uji dengan sound level meter Nihon Kagaku Kogyo).
Hal sama juga terjadi di knalpot HRP yang rancang ulang tabung peredam knalpot. Saat gas dibuka penuh knalpot baru lebih senyap 6 dB ketimbang versi sebelumnya.
Lihat angka di atas. Idealnya saluran buang variasi pantas bermain di bawah 120 dB, bisa mencapai batas 110 dB malah lebih bagus tanpa mengorbankan tenaga puncak. Kisaran 125 dB ke atas (ambang batas kebisingan di MotoGP adalah 130 dB).

Keterangan:
-dB: decibell
-TDR diuji dua kali dengan corong di moncong silencer terpasang dan dibuka
-Motor yang dipake Yamaha Vega 2004 kondisi standar

KESIMPULAN
Inovasi produsen knalpot kian positif. Macam trik TDR terbukti nurunin 5 decibell saat langsam dan digeber (uji dengan sound level meter Nihon Kagaku Kogyo).

Hal sama juga terjadi di knalpot HRP yang rancang ulang tabung peredam knalpot. Saat gas dibuka penuh knalpot baru lebih senyap 6 dB ketimbang versi sebelumnya.

Lihat angka di atas. Idealnya saluran buang variasi pantas bermain di bawah 120 dB, bisa mencapai batas 110 dB malah lebih bagus tanpa mengorbankan tenaga puncak. Kisaran 125 dB ke atas (ambang batas kebisingan di MotoGP adalah 130 dB).

 LATEST ARTICLE

[Tips] - 28 Sep 2011 05:12:08
8 Trik 'Touring' Aman dan Nyaman
[Tips] - 07 Jun 2011 03:29:48
Karat di Motor Kesayangan? Bukan Masalah!
[Tips] - 18 Mar 2011 09:12:50
Atasi Mesin Overheat Dengan Satu Sendok Teh Oli
[Tips] - 16 Feb 2011 03:01:31
Tips dan Trik Membeli Motor Bekas
[Info] - 18 Jan 2011 03:59:34
Karat Bikin Baut Susah Dilepas
[Info] - 18 Jan 2011 03:57:56
Periksa Accu dan Kiprok
[Tips] - 18 Jan 2011 03:53:50
Jangan Sepelekan Ban Motor Anda
[Tips] - 18 Jan 2011 03:52:01
Maksimalkan Kinerja Per Kopling Satria F-150
[Tips] - 18 Jan 2011 03:49:59
Tutup Tangki Bisa Jadi Sumber Masalah
[Info] - 09 Apr 2010 03:34:56
Semakin Cepat Anda Pergi Semakin Sedikit Anda Melihat
[Tips] - 19 Jan 2010 08:21:48
Daya Lampu Besar Belum Tentu Terang
[Tips] - 19 Jan 2010 08:15:05
Jarak Main Lampu Rem
[Tips] - 18 Jan 2010 13:21:46
Kapasitor Bank Bikin Aki Ogah Tekor
[Tips] - 11 Dec 2009 15:32:39
Soket Sekering Keramik Bebas Korslet
[Tips] - 04 Dec 2009 19:46:17
Noken As Suzuki Spin 125 Harian atau Balap
[Tips] - 13 Mar 2008 07:29:40
Seting Ulang Gigi Rasio Hubungan Pelek dan Rasio
[Tips] - 13 Mar 2008 07:20:20
Penggantian Karburator Kaya Salah Miskin Apalagi
[Tips] - 22 Jan 2008 06:50:56
Perawatan Hujan dan Air Pasang Jurus Melawan Karat
[Info] - 22 Jan 2008 06:44:43
Utilitas Knalpot Sehat dan Nggak Kempot
[Info] - 22 Jan 2008 06:31:16
Tes Pembersih Mesin, Mesti Sering Disemprot
[Tips] - 22 Jan 2008 06:19:47
Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
[Tips] - 07 Dec 2007 09:40:07
Suzuki Thunder 125 Praktis Ganti Oli Sok
[Info] - 07 Dec 2007 09:31:07
Cup Busi Tembaga Lebih Baik
[Info] - 07 Dec 2007 09:19:46
Real LED atau LED-look
[Info] - 04 Dec 2007 10:30:49
Jari-jari Jangan Asal Setel
[Info] - 04 Dec 2007 10:23:21
Salah Kaprah Toolkit
[Tips] - 04 Dec 2007 10:17:33
Suzuki Spin 125 Ngegas Sendiri
[Tips] - 04 Dec 2007 10:12:49
Atasi Roda Speleng
[Tips] - 04 Dec 2007 10:02:00
Tutup Tangki Satria F-150 Stop and Go Karena Melar
[Tips] - 03 Dec 2007 09:08:11
Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
[Tips] - 19 Nov 2007 10:17:28
Filter Oli Suzuki Shogun FL125 Awas Salah Masuk!
[Tips] - 19 Nov 2007 10:00:25
Skubek, Tromol dan As Roda Macet
[Tips] - 19 Nov 2007 09:54:05
Suzuki Satria F-150, Jurus Gampang Setel Tensioner
[Tips] - 19 Nov 2007 09:39:19
Suzuki Spin 125, Perkecil Getaran Knalpot
[Tips] - 19 Nov 2007 09:31:21
Suzuki Satria F-150, Slang Sobek Susah Langsam